Rencana pengembangan infrastruktur PUPR untuk mengurangi disparitas

Rencana pengembangan infrastruktur PUPR untuk mengurangi disparitas
Kepala Bapppeda Paryanto, S.Sos.,MT (kiri) sedang memberikan Paparan tentang Rencana pengembangan infrastruktur PUPR untuk mengurangi disparitas yang di dampingi Kabid Fispra Frinaldi,ST.,M.Sc (Kanan)

Pulau punjung, Bapppeda.Dharmasrayakab.go.id,-- Bertempat di Ruang Rapat Kantor Badan Perencanaan, Penelitan dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) Kabupaten Dharmasraya, dilaksanakan Rapat Koordinasi Pengembangan Infrastruktur PUPR dalam Rangka Mengurangi Disparitas Wilayah. Rapat Koordinasi tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bapppeda Kabupaten Dharmasraya Paryanto, S.Sos.,MT yang didampingi oleh Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Frinaldi, ST.,M.Sc. Pada kesempatan Rakor tersebut Kepala Bapppeda menyatakan bahwa permasalahan ketimpangan wilayah sangat ditentukan oleh keterbatasan infrastruktur dalam menaikan daya ungkit ekonomi di suatu wilayah, dimana Disparitas yang terjadi di kabupaten Dharmasraya ditimbulkan oleh belum optimalnya hilirisisasi untuk komoditas karet dan kelapa sawit, IPM yang masih rendah dibawah rata-rata nasional (64,47%), cakupan pelayanan air minum dan sanitasi yang juga masih rendah sehingga perlu ditingkatkan aksebilitasnya.

Pada rakor yang juga dihadiri oleh beberapa OPD terkait tersebut disampaikan juga akan adanya peluang untuk mengusulkan program/kegiatan prioritas dalam rangka pengembangan infrastruktur di Kabupaten Dharmasraya yang bersumber dari APBN ataupun APBD Provinsi. Usulan program/kegiatan tersebut harus didukung oleh data dan urgensi yang mencerminkan perwujudan target dan nafas dari program Nawacita serta Visi Misi Bupati Dharmasraya.

Usulan program / kegiatan tersebut hendaknya terkoordinasi sehingga sinergi kegiatan antar OPD dapat memberikan dampak yang nyata dalam mengurangi disparitas wilayah sebagai tujuan pengembangan infrastruktur tersebut. Sebagaimana yang disampaiakan oleh Kabid Fispra bahwasanya kelemahan yang perlu kita atasi untuk mengsinkronkan program/kegiatan antar OPD adalah membangun koordinasi dan komunikasi dari setiap program/kegiatan yang dilakukan oleh antar OPD.

"Kedepannya diharapkan program/kegiatan dalam pengembangan infrastruktur di Kabupaten Dharmasraya dapat lebih baik dan terintegrasi sehingga tujuan pembangunan dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat pada semua lapisan dan lokasi, imbuhnya.

Share Berita

Komentar Berita